Perbedaan American English dan British English

Dalam mempelajari bahasa Inggris terdapat pembagian ke dalam dua jenis yakni British English dan American English. Kedua jenis bahasa Inggris tersebut merupakan yang paling umum dipelajari dan digunakan. British English banyak digunakan di Inggris dan negara-negara persemakmurannya yakni negara-negara bekas jajahan Kerajaan Inggris sedangkan American English digunakan di Amerika Serikat, Kanada, dan beberapa negara lainnya. Lalu, apa saja perbedaan American English dan British English? Berikut adalah beberapa diantaranya:

Pengucapan (Pronunciation)

Ketika kita mendengar dialog antara orang yang beraksen British English dan American English akan terdengar perbedaan yang mencolok. Logat British terasa kental dan berat sedangkan American lebih terdengar ringan. Sebagai contoh, dalam aksen American pelafalan huruf ‘r’ diucapkan dengan cukup jelas, sedangkan pada British pelafalan huruf ‘r’ utamanya diakhir kalimat sering kali tidak dilafalkan. Selain itu, dalam banyak kata terdapat perbedaan penempatan penekanan pada kedua dialek tersebut

Kosakata (Vocabulary)

Di sekolah-sekolah umumnya, kosa kata yang diajarkan menggunakan British english. Terdapat kosa kata sama namun memiliki arti berbeda pada British dan American. Misalnya mad dalam British English artinya gila sedangkan dalam American English berarti marah. Kata pants dalam British English artinya celana dalam sedangkan dalam American English artinya celana pada umumnya.

Penulisan

Ejaan kata dalam British English berasal dari Prancis sehingga cenderung lebih panjang daripada American English. Dalam American English ada kecenderungan untuk melakukan pengurangan kata dengan menghilangkan beberapa huruf

Berikut beberapa contoh perbedaan ejaan antara British dan American English:

British English American English
Airplane Aeroplane
Centre Center
Catalogue Catalog
Colour Color
Favourite Favorite
Grey Gray
Organisation Organization
Neighbour Neighbor
Etc.

 

Tata Bahasa (Grammar)

  • Penggunaan Simple Past Tense dan Present Perfect Tense

Present Perfect Tense digunakan untuk menyatakan kegiatan yang baru saja terjadi dan masih ada hubungannya dengan sekarang.

British English:

  • I have lost my bag
  • Have you ever been to Hospital?

American English:

  • I lost my bag / I have lost my bag.
  • Did you ever go to Hospital? / Have you ever been to Hospital?

Perbedaannya adalah untuk menjelaskan kejadian yang baru saja terjadi di masa lalu dan masih berhubungan dengan apa yang terjadi saat ini. Pada American English dapat menggunakan kalimat dalam bentuk present perfect dan simple past tense, sedangkan pada British dianggap salah apabila menggunakan Simple Past tense.

Kata Depan (Preposition)

American English British English
1.      On the weekend

2.      On the beach

3.      On a group

4.      Different than

5.      Please write me soon

6.      From 10 through 12

1.      At the weekend

2.      At the beach

3.      In a group

4.      Different from

5.      Please write to me soon

6.      From 10 to 12

Itulah beberapa perbedaan American English dan British English. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga: Sekilas Tentang TOEFL, IELTS dan TOEIC Yang Perlu Diketahui

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.